Filsafat Ilmu

  1. Apa yang anda pahami tentang filsafat ilmu? Jelaskan manfaat mempelajarinya bagi program studi anda?
  2. Jelaskan kapan suatu pengetahuan dikatakan ilmiah dan non-ilmiah?
  3. Di dalam aktivitas ilmiah, ilmuan selalu memiliki asumsi-asumsi mengenai ilmunya. Jelaskan asumsi-asumsi  tersebut dan apa fungsinya?  
  4. Telah banyak di temukan teori, hukum atau kaidah di dalam dunia ilmiah. Menurut anda, bagaimana ilmuan bisa sampai pada teori, hukum atau kaidah tersebut?  
  5. Di dalam dunia ilmiah terdapat  suatu fenomena  yang di sebut dengan saintisme.Apa yang anda ketahui tentang saintisme?  Dan bila dihubungkan dengan agama, apa pendapat anda?
  6.  Abad pertengahan Islam sering disebut masa ke emasan ilmu di Dunia Islam. Istilah ‘masa keemasan’ bisa bermakna ganda, yaitu positif dan negatif. Jelaskan mengapa demikian? 
  7. Jelaskan filsafat ilmu sebagai cabang  dari ilmu pengetahuan dan bagaimana hubungan epistemologinya dengan keilmuan di Prodi saudara!  
  8. Jelaskan hubungan sains dan agama yang saudara ketahui!  
  9. Sumber pengetahuan dalam epistemologi dikenal dengan metode analitik-a priori, sintetik-a posteriori, dan sintesis-a priori. Jelaskan perbedaan dari ketiga metode itu!  
  10. Jelaskan proses terjadiya Revolusi ilmiah/paradigma/sains (revolutionary science) menurut Thomas Khuhn.
  11. Apa yang anda pahami tentang pendekatan ilmiah positivistik ? Jelaskan konstribusi pendekatan tersebut terhadap perkembangan ilmu (sains) secara umum dan program studi anda secara khusus!   
  12. Bila dihubungkan dengan kemajuan dan perkembanagan ilmu, menurut anda mana yang lebih sesuai antara paradigma ilmu bebas nilai dan paradigma ilmu terikat nilai? Jelaskan? 
  13. Salah satu pelanggaran etis bagi ilmuan adalah plagiasi. Apa yang anda pahami tentang plagiasi? Ada dampaknya bagi dunia akademis ? Manurut anda, apa yang sebaiknya dilakukan masyarakat ilmiah untuk menghindari praktik tersebut !  
  14. Sebagian pendapat mengatakan bahwa ilmu alam lebih ilmiah dan lebih obyektif bila di bandingkan dengan ilmu sosial-humaniora. Jelaskan mengapa demikian? Apa pendapat Anda?
  15. Jelaskan perbedaan antara metode induktif dan metode deduktif dalam memperoleh pengetahuan ilmiah yang valid ! Jelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing !    
  16. Jelaskan konstribusi positivisme bagi perkembangan ilmu pengetahuan ? Tunjukan kelemahan dari positivisme !  
  17. Sebagian orang berpendapat bahwa ilmu itu netral dan tidak terikat dengan agama atau kepercayan tertentu. Setujukah Anda dengan pandangan tersebut dan jelaskan implikasi pandangan ini bagi perkembangan ilmu?  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar